Kamis, 10 Mei 2012

aspek pasar


Studi kelayakan bisnis (SKB)
Pengertian SKB
SKB adalah :
·         Suatu penelitian yang dilakukan untuk menilai apakah gagasan bisnis layak untuk direalisasikan atau tidak.
·         Suatu penelitian untuk menilai sejauh mana benefit/manfaat yang diperoleh dari suatu kegiatan bisnis.
Manfaat SKB
·         Bagi pihak investor          : untuk menilai bagaimana prospek usaha dari suatu perusahaan
·         Bagi pihak kreditur          : memberi keputusan diberi pinjaman atau tidak
·         Bagi pihak manajemen perusahaan         : sebagai gambaran dari SKB, yaitu menerapkan dan merealisasikan apa yang sudah tertuangdalam SKB
·         Bagi pihak masyarakat dan pemerintah  : mudah menciptakan lapangan pekerjaan (masyarakat). Untuk menilai apakah bisnisnya mendukung program pemerintah atau tidak (pemerintah)
Tahapan SKB
·         Penmuan ide     : menemukan ide bisnis yang akan dilakukan
·         Penelitian            : mengenai peluang pasar dan modal yang dibutuhkan
·         Evaluasi, terdiri dari 3 poin :
-       Mengevaluasi proyek yang akan didirikan
-       Mengevaluasi proyek yang sedang dibangun
-       Mengevaluasi bisnis yang sudah beroperasi secara rutin
·         Tahap pengurutan usulan yang layak
·         Buat rencana pelaksanaan
·         Tahap pelaksanaan



Aspek pasar


Definisi pasar menurut Stanton : kumpulan orang-orang yang memiliki keinginan untuk berbelanja,uang untuk belanja,dan kemauan untk membelanjakannya.

Jenis pasar







Jenis Pasar dilihat dari segi produsen     
1.       Pasar persaingan sempurna        : pembeli dan penjualnya banyak, barang yang dijual homogen dan pangsa pasar terkotak-kotak/kecil karena relatif tidak ada persaingan harga ditentukan oleh demand dan supply. Contoh : beras,sayuran, dll.

2.       Pasar monopoli                                 : jumlah penjual hanya satu, hak monopoli bisa diperoleh karena alasan; penguasaan bahan mentah,Penguasaan teknik produksi,Perolehan hak paten. Contoh : bensin.


3.       Pasar oligopoli                                   : jumlah produsennya lebih dari satu namun terbatas dikarenakan membutuhkan investasi yang besar. Contoh : meskapai penerbangan, PO, dll.

4.       Pasar persaingan monopolistik  : jumlah produsennya banyak dan barangnya heterogen dalam konteks terdeferensiasi (sama produk, beda merk). Contoh: sabun, pasta gigi, dll.

Jenis pasar dilihat dari segi konsumen
1.       Pasar konsumen              : pasar untuk barang/jasa yang dijual kepada konsumen akhir untuk langsung digunakan dalam kegiatan konsumsi. Contoh : bakso,mie ayam,dll.

2.       Pasar produsen                                : pasar untuk barang yang dijual atau disewakan kepada konsumen untuk digunakan dalam proses paroduksi lebih lanjut. Contoh : kain,tepung,dll.


3.       Pasar penjual kembali    : suatu unit pasar yang bisa berupa agen pedagang eceran, distributor,grosir,dll.

4.       Pasar pemerintah            : pasar yang menjual barang-barang yang dibeli oleh unit-unit pemerintah dalam rangka menjalankan tugaas pemerintah. conotoh : percetakan buku untuk BOS.


aaplikasinya kurang lebih sbb:


ASPEK PASAR
Deta’s print & copy
1.       Jenis produk
Jenis produk yang saya jual berupa jasa printing dan photocopy tentu saja sudah termasuk bahan-bahan yang diperlukan untuk produk tersebut. Selain itu untuk melegkapi usaha yang saya bentuk, saya akan menerima jasa pengetikan, jug a menjual berbagai alat tulis  seperti buku, pensil, ballpoint, kertas HVS, dan sebagainya.

2.       Jenis pasar yang dituju dari segi produsen
Pasar yang saya tuju bila dituju dari segi produsen adalah pasar persaingan monopolistik. Karena saya menjual produk yang sejenis yaitu jasa, namun jasa yang saya tawarkan banyak macamnya, seperti photocopy, printing, pengetikan, maupun penjilidan. Selain jasa, saya juga menediakan berbagai alat tulis.

3.       Jenis pasar yang dituju dari segi konsumen
Pasar yang saya tuju bila ditinjau dari segi konsumen adalah pasar konsumen. Sebab produk-produk yang saya tawarkan akan langsung digunakan/dikonsumsi oleh konsumen.

4.       Analisis SWOT dari aspek pasar
Strenght:

Ø  Harga/tarif dari jasa yang saya tawarkan bisa saya tentukan sendri sehingga menarik minat pelanggan tetapi juga memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Ø  Produk jasayang saya tawarkan banyak jenisnya sehingga memudahkan pelanggan dalam memenuhi kbutuhannya akan jasa yang saya tawarkan.

Weakness:
Ø  Harga/tarif yang dipasang bisa saja terlalu tinggi atau terlalu rendah, hal ini bisa menimbulkan kerugian bagi perusahaan.
Ø  Kebutuhan konsumen mengenai produk yang saya tawarkan tidak tetap waktunya. Jadi, dalam satu hari kadang sangat sedikit pembeli yang datang.

Opportunity:
Ø  Target yang saya tuju adalah pelajar dan karyawan kantor yang tentunya membutuhkan produk-produk yang saya tawarkan.
Ø  Masih jarangnya saha sejenis memberi peluang yangbesar terhadap perusahan saya untuk lebih berkembang.

Threat:
Ø  Karena target utama perusahaan adalah pelajar dan karyawan kantor, saya harus pandai mengatur siasat ketika hari libur datang karena bisa meminimalkan pembeli yang datang.


1 komentar:

  1. BS – Dapatkan Bonus Deposit Sekarang Juga, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus