Minggu, 27 Mei 2012

Aspek pemasaran


ASPEK PEMASARAN

A.      SEGMENTASI PASAR
Kegiatan membagi pasar ke beberapa segmen, sehingga tujuan yang dicapai jelas. Ada 4 aspek yang harus diperhatikan, yaitu :
-          Aspek geografis        : wilayah pemasaran produk
-          Aspek demografis   : memilih konsumen berdasar usia,gender, & tingkat pendapatan
-          Aspek psikografis     : memilih konsumen berdasar gaya hidup dan kelas ekonomi
-          Aspek perilaku          : loyalitas konsumen
B.      TARGET PASAR
Memilih konsumen yang mana yang akan dilayani, mengacu pada segmentasi pasar.
C.      POSISI PASAR
Kegiatan memposisikan citra/image produk di mata konsumen. Lankah-langkhnya :
-          Mengidentifikasi keunggulan kompetitif
Mengidentifikasi keunggulan apa saja yang dimiliki oleh produk/perusahaan yang kita kelola.
-          Memilih keunggulan kompetitif
Memilih salah satu dari beberapa keunggulan yang dimiliki produk/perusahaan yang kita kelola untuk lebih ditonjolkan kepada konsumen.
-          Mengkomunikasikan posisi
Cara yang ditempuh untuk mewujudkan keunggulan produk agar bisa dipublikasikan pada konsumen (agar konsumen mengetahui keunggulan).
D.      MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran terbagi menjadi dua bagian :
1.       ANALISIS PERSAINGAN BISNIS
Kegiatan menganalisis strategi pemasaran, kekuatan dan kelemahan serta perilaku pesaing bisnis dalam merespon bisnis yang kita jalankan. Analisis persaingan bisnis terdiri dari :
-          Mengidentifikasi pesaing
Kegiatan mengidentifikasi perusahaan mana saja yang berpotensi menjadi pesaing bisnis yang kita jalankan.
-          Mengidentifikasi sasaran pesaing
Kegiatan mengidentifikasi sasaran bisnis pesaing.
-          Mengidentifikasi strategi yang diterapkan pesaing
Kegiatan mengidentifikasi strategi yang dijalankan oleh pesaing dalam rangka mencapai sasaran yang sudah dirancang pesaing.
-          Mengestimasi pola perilaku pesaing
Kegiatan memperkirakan pola reaksi pesaing terhadap perusahaan yang kita jalankan.
-          Memilih pesaing
Kegiatan memilih salahsatu pesaing sebagai target untuk bisa diungguli oleh perusahaan yang kita kelola.
2.       MARKETING MIX
Dalam pemasaran perlu memperhatikan beberapa hal agar bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar.
a.       Produk barang
4P : product, price, place, promotion
Product : berhubungan dengan merk,bentuk,mutu,ukuran,kemasan,dll.
Price      : berhubungan denganharga jual,rabat,diskon,dll.
Place     : berhubungan dengan lokasi usaha,saluran distribusi,lokasi pabrik,dll.
Promotion : berhubungan dengan iklan,sales promotion,human relation,dll.
b.      Produk jasa
7P : product, price, place, promotion, physical evidence, process, people
Product : berhubungan dengan merk,bentuk,mutu,ukuran,kemasan,dll.
Price      : berhubungan denganharga jual,rabat,diskon,dll.
Place     : berhubungan dengan lokasi usaha,saluran distribusi,lokasi pabrik,dll.
Promotion : berhubungan dengan iklan,sales promotion,human relation,dll.
Physical evidence : barang-barang yg mendukung terhadap penyelenggaraan jasa.
Process : berhubungan dengan kecepatan,ketepatan,kehati-hatian,ketelitian,dll.
People : berhubungan dengan keramahan,sopan,tanggung jawab,simpati dalam melayani konsumen.

contoh aplikasi :


ASPEK PEMASARAN
Deta’s print & copy
(perusahaan jasa)
1.       Segmentasi pasar
Aspek geografis                                : Parigi/Cijulang/Pangandaran
Aspek demografis           :
Usia                                       : anak-anak/remaja/dewasa
Jenis kelamin                     : pria/wanita
Tingkat pendapatan         : rendah/menengah/tinggi
Aspek psikografis             : menengah ke bawah/menengah ke atas
Aspek perilaku                  : loyalitas kuat/loyalitas lemah

2.       Target pasar
Aspek geografis                                : Parigi
Alasan : dekat dengan tempat tinggal, di parigimasih sangat jarang terdapat usaha sejenis.

Aspek demografis           :
                Usia                                       : anak-anak/remaja/dewasa
                Jenis kelamin                     : pria/wanita
Tingkat pendapatan        : rendah/menengah/tinggi
Alasan : produk yang saya tawarkan tidak tergantung pada salah satu jenis usia,gender, atau tingkat pendapatan tertentu.

Aspek psikografis             : menengah ke bawah/menengah ke atas
Alasan : produk yang saa tawarkan bisa dijagkau oleh seluruh kelas ekonomi, baik itu menengah ke bawah maupun menengah ke atas.

Aspek perilaku                  : loyalitas kuat
Alasan : lebihmenguntungkan terhadap perusahaan.

3.       Posisi pasar
·         Identifikasi keungglan kompetitif
E  Produk yang ditawarkan variatif
E  Harga/tarif yang dikenakan terjangkau
E  Produk berkualitas

·         Memilih keunggulan kompetitif
Saya akan mengutamakan variasi produk yang saya jual. Dengan produk yang variatif konsumen akan tertarik untuk membeli produk dari perusahaan karena konsumen dapat memilih produk apa yang mereka butuhkan. Selain itu  dengan produk jasa yang saling berhubungan (print,photocopy,alat tulis), konsumen akan dimudahkan dalam melengkapi keperluan yang berhubungan ddengan pembuatan dokumen maupun tulis-menulis.

·         Mengkomunikasikan posisi
Saya akan membeli berbagai macam perlengkapan operasional untuk produk jasa yang ditawarkan. Melengkapi persediaan alat tulis dan memajang di toko agar mudah terlihat sehingga konsumen mengetahui bahwa perusahaan menjual produk yang bervariasi.

4.       Analisis persaingan bisnis
a.       Mengidentifikasi pesaing
Ada 2(dua) perusahaan yang menjadi pesaing usaha yang saya kelola yaitu :
1.       Perusahaan photocopy NIRWANA
2.       Perusahaan photocopy HIBAR

b.      Mengidentifikasi sasaran pesaing
1.       Perusahaan photocopy NIRWANA
·         Maksimalisasi laba
2.       Perusahaan photocopy HIBAR
·         Maksimalisasi penjualan


c.       Mengidentifikasi strategi yang diterapkan pesaing
1.       Perusahaan photocopy NIRWANA
Ø  Memasang tarif cukup tinggi
Ø  Mutu produk sedang-tinggi
Ø  Penyediaan produk lain (tidak berhubiungan dengan photocopy)

2.       Perusahaan photocopy HIBAR
Ø  Memasang tarif sedang
Ø  Mutu produk cenderung rendah
Ø  Penyediaan produk variatif
Ø  Kelengkapan alat operasional

d.      Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing
1.       Perusahaan photocopy NIRWANA
Kekuatan :
É  Mutu produk sedang- tinggi
É  Menjual berbagai produk yang berlainan jenis
É  Lokasi perusahaan strategis
Kelemahan  :
-      Harga/tarif mahal
-      Pelayanan (keramahan) kurang diperhatikan
-      Produk yang di sediakan di perusahaan tidak saling berhubungan
2.       Perusahaan photocopy HIBAR
Kekuatan :
É  Produk yang dijual variatif
É  Harga/tarif terbilang murah
É  Pelayanan dikategorikan baik
Kelemahan :
-      Mutu produk kurang memuaskan,cenderung rendah
-      Lokasi usaha kurang mendukung
-      Tempat kurang nyaman bagi pembeli
-      Ketelitian pekerjaan kurang baik

e.      Mengestimasi pola reaksi pesaing
1.       Perusahaan photocopy NIRWANA
·         Menurunkan tarif yang dipasang tanpa mengubah mutu produk
·         Melengkapi persediaan produk yang berhubungan dengan photocopy dan alat tulis
·         Menurunkan mutu hingga berpengaruh terhadap tarif
·         Melakukan promosi dengan memberikan berbagai hadiah
2.       Perusahaan photocopy HIBAR
·         Meningkatkan mutu produk tanpa menaikan harga
·         Membenahi tempat usaha menjadi lebih menarik
·         Meningkatkan ketelitian dalam pengerjaan
·         Menambah variasi produk yang dijual

f.        Memilih pesaing
Dari berbagai analisis di atas, saya memilih perusahaan NIRWANA sebagai pesaing utama. Saya memilih perusahaan NIRWANA karena dalam menjalankan ushanya perusahaan ini tidak terfokus menjual jasa yang berhubungan dngan photocopy dan alat tulis. Hal tersebut memberi peluang yang besar terhadap perusahaan saya untuk berkembang.
Meskipun lokasi perusahan saya kalah strategis dibanding perusahaan NIRWANA, tetapi hal tersebut bisa disiasati dengan penyediaan produk yang variatif dan terfokus ke bidang fotocopy dan alat tulis.

5.       Marketing mix
Marketing mix untuk perusahaan jasa harus memenuhi 7 dimensi yang disebut 7P yaitu :
1.       Product : Saya akan memberi nama Deta’s print & copy untuk perusahaan saya, yaitu perusahaan yang menjual jasa printing, photocopy, dan alat tulis .
2.       Price : Saya akan memasang tarif dan harga produk dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan mesyarakat. Adapun rabat dan potongan harga lainnya bisa disesuaikan bila ada pembelian dengan jumlah tertentu.
3.       Place : Saya akan mendirikan usakan usaha ini di tempat yang dekat dengan kawasan sekolah dan perkantoran yaitu di ruas jalan raya Parigi blok Jati. Lokasi tersebut mudah dijangkau konsumen dan akan memudahkan promosi.
4.       Promotion : Promosi yang akan saya lakukan yaitu dengan memasang papan nama perusahaan di depan tempat usaha, bila perlu saya akan menyebar brosur.
5.       People : Sikap ramah dan sopan akan saya utamakan dalam melayani pelanggan. Kesabaran juga amat penting dalam menghadapi karakter konsumen yang sangat beragam.
6.       Physical evidence : Kelengkapan peralatan operasional akan diutamakan perusahaan demikelancaraan usaha. Selain itu, perusahaan akan menyediakan beberapa kursi / tempat duduk. Kursi ini disediakan untuk kenyamanan konsumen yang datang ketika menunggu jasa yang sedang dikerjakan.

7.       Process : Konsumen tentu saja menginginkan hasil yang memuaskan, untuk itu semua keterampilanyang berhubungan dengan usaha akan terus saya dalami. Efektifitas dan efisiensi dalam penkerjaan juga akan senantias diperhatikan demi kepuasan dan kepercayaan  konsumen terhadap perusahaan.


1 komentar:

  1. BS – Dapatkan Bonus Deposit Sekarang Juga, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di http://fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui

    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus